RSS

Pemeran Figuran

13 Dec

Tidak ada rahasia di dunia ini yang bertahan lama. Jikapun ada, pasti ada alasan mengapa kamu merahasiakannya begitu lama. Berharap jika suatu saat terungkap, akan teruraikan dengan cara istimewa.

Apakah kamu pernah membuat teori orang naik sepeda? Jadi, tinggalakan pikiran yang rumit, agar kamu dapat “melihat” jawaban yang tersembunyi….

Kamu pernah membaca quote paling menyakitkan berikut ini? “Bagian tersulit saat mencintaimu adalah melihatmu mencintai orang lain”

i know i’m not your priority. Jadi, bersiap siap saja jika Ia seperti mondar mandir di hati. Tanpa merasa bersalah, meski ia tidak pernah tahu bahwa Aku tahu semua dibalik scene. Terkadang Aku merasa seperti memiliki hati yang tidak kapok untuk selalu di permainkan. Hanya saja, selalu berpura pura tidak tahu apa apa, meskipun mengetahui segalanya, bahkan sebelum atau tanpa kamu menceritakan kejujuran itu. Bepura pura kuat padahal lemah. Tidak apa apa, iya ga papa kok. Jawaban klise dan tawar yang selalu aku ucapkan. Lagipula, kalimat apa yang harus aku ucapkan.

berpura pura biasa saja padahal aku cemburu. Kamu punya cara yang unik untuk membuatku tersenyum bahagia, tetapi kamu juga selalu punya cara membuatku terasa hampa. Aku menyadari posisiku yang bukan siapa siapa bagimu.

Entahlah, mungkin alasan ini yang membuatku selalu tidak bisa mengacuhkan dan mengabaikanmu. Aku merasa nyaman berbagi keluh kesah jika berbicara denganmu, membuatku nyaman dan lepas tanpa beban menunjukkan diriku apa adanya, bercerita mengenai diriku, sesuatu yang hanya aku lakukan dan percayakan padamu, tanpa menyadari bahwa rasa nyaman itu terus tumbuh, meski tidak pernah bertemu denganmu hanya berupa reka reka di foto profilmu.

Berkali kali aku hampir lumpuh karena kekecewaan, saat melihat ada fotomu bersama perempuan dari masa lalumu. Membayangkan kamu makan siang berdua dengannya berhadapan muka, itu sudah sangat membuatku tak karuan. Ya, dan aku pun hampir kehilangan kekuatan untuk berbuat, tidak ubahnya seperti bunga yang tidak memiliki kekuatan untuk melakukan aktifitas fotosintesis. Kehilangan inspirasi. Tidur adalah satu satunya cara untuk membunuh rasa luruh tak bertepi itu. Seperti menyusun sebuah gambar cerita, puzzlenya ga akan lengkap kalau ada yang hilang, kamu tahu bukan?

terkadang Aku ingin pergi jauh jauh, namun harus kemana. Aahh, betapa beruntung mereka yang bisa pergi menjauh keluar negeri menempuh pendidikan, dengan kesibukan dan mengarungi dunia lain minimal bisa mengenyahkan luka yang teramat pekat.

Aku tidak ubahnya seperti dongen si gadis tersembunyi yang mengintip dari balik layar. Gadis yang tidak terlihat dalam sebuah puzzle besar yang membuat semua perhatian tertuju kepada pemeran utama. Kalau tidak diperhatikan dengan seksama dan teliti, siapapun tidak akan tahu dimana gadis kecil itu bersembunyi.

Aku tidak perna berani mengatakan perasaanku yang sesungguhnya, bahwa hanya kamu yang selalu mengitari orbit hatiku. Bukan mahkluk mahkluk yang sering kamu tudingkan kepadaku. Tidak ada lagi tempat untuk mereka yang menyakitiku. Aku menyembunyikan perasaanku, tidak memberitahukanmu agar suatu saat nanti biarkan kita sendiri nantinya yang mengetahui getaran radar itu. Aku hanya ingin kamu mengetahui semua rahasia ini sebelum semuanya benar benar terlambat. Kamu tahu ada banyak cerita yang telah aku buat, bertahun tahun belum terrangkum menjadi sebuah bahkan beberapa novel. Aku berharap, jadilah inspirasi untukku dan membantuku menyelesaikan semua novel itu bersamamu. Suatu saat nanti andai kesempatan itu ada, Aku ingin berjumpa lagi denganmu dan mengenalimu untuk menyelesaikan puzzle cerita ini. Menemukan cinta yang tersembunyi.

kamu tahu Cermin? yang tidak bisa dilihat dari sisi luar, namun dari sisi dalam kamu bisa melihat segalanya. Aku dan kamu, aku merasa selalu ada cermin yang seperti itu. Diantara kita berdua, Aku bisa melihatmu jelas tetapi kamu sama sekali tidak bisa melihatku. Suatu hari aku berfikir harus bersembunyi supaya tidak ketahuan, tapi suatu hari nanti aku berharap Kamu akan mengenali sinyal, radar dan isyaratku terlebih dahulu. Jadi, itu sebabnya semakin menyakitkan karena kamu tidak juga menyadari kode isyarat dariku ….. ……

Aku tidak lebih hanya pemeran figuran dalam hatimu

Bahkan didalam film juga dikatakan bahwa, dikehidupan nyata beberapa orang adalah tokoh utama dan lainnya pemeran pembantu. Seperti itulah hidup. Bisa jadi Aku adalah yang mendukung pemeran utama. Tidak! Mungkin aku bahkan tidak dibutuhkan dan tidak pantas menjadi orang yang dipedulikan hati dan perasaannya. Bukan karakter utama, tidak lebih hanyalah tambahan yang kehadirannya tidak dipedulikan. Aku pernah berfikir, adakalanya ketika menonton film dan novel, jujur saja pastimengharapkan happy ending dan semua kendala menjadi mulus jalannya agar 2 pemeran utama bahagia, tanpa mau peduli tentang perasaan, kekecewaan, lara hati, pengorbanan si tokoh bukan pemeran utama. Aku ingat, Won Bin di film Autumn in My Heart, Summer Scent, She was Pretty, Luhde perahu kertas, Pangeran yang bukan putra mahkota di film Princess Hours, Pemeran produser difilm At The Dolphin Bay yang punya kucing bernama Cleopatra, dan masih banyak deretan film dan novel lainnya, ketika kita seolah bahagia sekali disaat 2 pemeran utama bersatu, mengenyahkan segala kebaikan hati, semua perjalanan yang dilalui ketika masa masa sulit disaat tidak memiliki kekuatan untuk berbuat, tapi ketika pemeran utama hadir kembali disaat semua sudah kembali baik baik saja hatinya, dia yang entah kemana ketika masa rapuh, hampa diliputi kesedihan yang teramat pekat, hanya karena 1 alasan Dia cinta sejati maka semua deretan kebaikan dan ketulusan tak bertepi itu menguap seperti dihempas dibawa angin. Sejatinya, kita sebagai penonton dan pembaca cenderung egois dan tidak adil. Andai aja kamu berada diposisi seperti sosok “Bukan pemeran utama” akankah kamu mengiba iba agar endingnya seperti yang kalian agung agungkan itu? Jujur saja, sebenarnya kisah Aku dan Kamu sama persis tragis dan pahit seperti Won Bin di Autumn in my heart. Pernahkah kita mau melihat scene lain dari kisah yang sempurna itu, bahwa ada hati yang tersakiti.
Tapi, Aku percaya bahwa ada pemeran lain. Aku menyebutnya pemeran yang istimewa dan berbeda, yang kelak yang memiliki hati seperti “bintang” yang akan mampu memahami dan melihat dengan pandangan special. Dialah yang akan menemukan puzzle yang tersembunyi itu, yang akan mencarimu dan mengatakan “Ada yang harus aku lakukan dan harus kutemukan, seseorang yang teramat membutuhkanku untuk menjadi payung untuknya”. Percaya aja, saat itu pasti ada. Ibarat sedang menantikan sebuah surat yang memang dituliskan untukku dengan sangat istimewa, surat itu tidak akan salah alamat, meski tidak bisa dipungkiri tersesat ketika pak pos mencari alamat, berbagai kendala menghalangi, sehingga suratnya datang terlambat. Tapi surat itu kamulah pemiliknya…..

 
Leave a comment

Posted by on December 13, 2015 in Cerita Cinta, True Story

 

Tags: , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

 
