RSS

Anak-Anak Istimewa yang terkucilkan

31 Dec

Ketika menonton film 1 litre of  Tears, kisah nyata dari Aya Kito dari Jepang, melawan penyakit Spinocerebellar Ataxial. Ada sebuah kartu yang menarik sekali, kartu penanda untuk penyandang penyakit, berkebutuhan khusus. Penasaran membuat saya menelusuri berbagai info di belahan dunia lain, ternyata juga memberikan ruang dan pelayanan khusus bagi mereka yang terlahir “istimewa”, penyandang berkebutuhan khusus, mereka juga memiliki hak dan kesempatan yang sama untuk mendaptkan akses kehidupan yang lebih baik. Lantas saya membandingkan dengan fenomena dan kondisi di negara saya sendiri yaitu Indonesia. Miris sekali karena kondisi di sini jauh berbanding terbalik, bahwa nasib anak berkebutuhan khusus di Indonesia, sangat memprihatinkan, jauh tertinggal dibanding di negara luar. Nasib mereka masih terpinggirkan dan terkucilkan hampir di berbagai bidang, mulai pendidikan, pekerjaan, bahkan ketersediaan fasilitas publik yang cenderung membedakan dengan orang normal.

Dalam hati saya pun berjanji dalam hati hati, andai suatu saat saya memiliki kemampuan untuk berbuat, dengan memiliki wewenang yang besar dalam negeri ini. Alhamdulillah Tuhan menjawab doa saya, 29 Desember 2011 saya mendaptkan informasi tentang Lomba yang di selenggarakan oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPD RI), memberikan kesempatan bagi seluruh warga negara Indonesia untuk menyampaikan aspirasi.

Andai Saya Menjadi Anggota DPD RI, hal yang paling penting yang menjadi program kerja adalah:

1. Memberikan akses pelayanan publik, memberikan perolehan perlindungan dan kesempatan yang sama kepada para penyandang cacat, masyarakat dengan kebutuhan khusus, seperti manusia normal lainnya, karena selama ini mereka yang berkebutuhan khusus acapkali mendapatkan perlakuan diskriminatif dari berbagai pihak. oleh pihak tertentu terhadap kalangan kelas sosial tertentu, penyandang cacat, lanjut usia. Mereka akan mendaptkan kartu khusus dan bisa digunakan untuk mendapatkan keringanan dalam berbagai aktifitas.

2. Mereka yang terlahir dalam kondisi “istimewa” (berkebutuhan khusus) tentunya tidak pernah meminta takdir memilih mereka, ada keinginan untuk memperbaiki takdir tersebut menjadi lebih baik. Fakta membuktikan bahwa, keterbatasan bukan berarti mereka orang yang bodoh, jangan pernah meremehkan kemampuan mereka. Fisik bisa saja berbeda dari orang normal, namun IQ mereka di atas rata-rata. Sebut saja Hellen Keller, yang terlahir buta, tuli, bisu namun justru menciptakan keajaiban telapak tangan dan air, sehingga Hellen yang cerdas menjadi sosok yang paling berpengaruh di dunia. di Indonesia, ada Muhammad Amanatullah, Siswa Cerdas Tanpa Tangan dengan Separo Kaki yang meraih prestasi gemilang, Lumpuh sejak Umur 4 Tahun, Veronika Laetitia Mimi Mariani Lusli, yang meraih gelar doktor dengan mata yang buta, masih banyak sosok penyandang kebutuhan khusus yang mampu berprestasi, bahwa keterbatasan bukan pengahalang untuk menahklukkan dunia (sumber:http://super-people.blogspot.com/ & http://sosok.kompasiana.com/2011/10/03/siap-meraih-gelar-doktor-dengan-mata-yang-buta/)

Veronika Laetitia Mimi Mariani Lusli

3. Menyediakan sekolah dengan harga yang dapat terjangkau, mendesak Departemen Pendidikan Nasional memberikan anggaran pendidikan untuk penyandang cacat, karena biaya pendidikan mereka lebih mahal dibandingkan dengan anak normal. Saya pernah bekerja di lembaga anak disabilitis, biaya pendidikan sangat mahal hanya terjangkau untuk kalangan tingkat atas.

Semoga aspirasi ini menjadi masukan yang berarti nyata, agar nasib mereka menjadi lebih baik, satu hal yang tak dapat dipungkiri mereka juga manusia yang memiliki hak yang sama dan mereka tak pernah meminta takdir memilih. Andai kita berada di posisi mereka?

 
10 Comments

Posted by on December 31, 2011 in sosial

 

Tags: , , , , , , , , , , ,

10 responses to “Anak-Anak Istimewa yang terkucilkan

  1. Catatan Negeri

    December 31, 2011 at 4:58 pm

    saatnya kita bergerak bersama http://www.pinto.web.id jika saya membaca tulisan ini dek…. menarik.. dan begitu menggugah

     
    • nanaedogawa

      December 31, 2011 at 5:06 pm

      bang posting aja web PINTO jadi siapa y singgah bisa membacanya disini🙂, krn lomba ini juga dibaca oleh para peserta yang laen juga.

       
  2. miftahrf

    January 2, 2012 at 7:59 am

    inspiratif

     
  3. nanaedogawa

    January 8, 2012 at 5:41 pm

    terimakasih, sudah berkunjung di blog nana🙂

     
  4. mediasriwijaya

    January 10, 2012 at 7:44 am

    sangat menginspirasi seandainya ya di indonesia hal itu diterapkan , eia jgn lupa kunjungan balik y http://www.ardiannugraha.com/2011/12/seandainya-saya-anggota-dpd-apa-itu.html

     
    • nanaedogawa

      January 18, 2012 at 5:10 am

      Terimakasih Media, oya udah lihat pengumumannya hari ini? yang terpending adalah untuk kehidupan dan kesejateraan bagi Indonesia agar menjadi lebih baik. Amiin.

       
  5. Panglima Muda Tanjong

    January 18, 2012 at 5:39 am

    hallah.. tidak ada yang perlu diherankan dari bangsa garuda ini, yang sehat wal afiat aja bisa cacat, apa lagi yang cacat****… saudaraQu. teruslah berjuang, berkarya, kalian anak anak bangsa seperti nasib kami yang dicuilkan dari dari peradaban bangsa yang selalu mendengung-dengunkan ”keadilan sosial bagi seluruh keluarga dan kerabat-kerabatnya”

     
  6. Zaitun Humaira Putri Ummi

    January 18, 2012 at 9:06 am

    sungguh keinginan yang sangat mulia.. go..go..go.. kk ^^. sudah selayaknya pemerintah memperhatikan nasib orang yang memiliki “kelebihan” tersebut, dan sudah sepatasnya anggaran APBN diprioritakan kepada pendidikan dan khususnya teman2 kita di atas..karena hanya negara yang sangat peka terhadap pendidikan rakyatnyalah yang mampu maju menjadi negara yang besar. semangat kk kami mendukungmu.. ^^

     
  7. nanaedogawa

    January 18, 2012 at 2:43 pm

    terimakasih atas komennya, belajar dari pengalaman masa lalu, yuks mulai dari diri kita sendiri agar mampu berbuat lebih untuk sodara2 kita penyandang disabiltas, karena mereka semua terlahir istimewa, inget kan hellen keller? justru karena itulah ditemukannya keajaibang telapak tangan dan air🙂

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: